Senin, 07 Maret 2016

STRUKTUR PASAR DALAM ISLAM

STRUKTUR PASAR DALAM ISLAM

DI SUSUN OLEH
Tina Atianti               :13110021
Riki Firdaus               :13110015
Yusup Ridwan          :13110024
Abdul Latif                :13110002

A.    STRUKTUR PASAR
Struktur adalah pengelompokan variabel-variabel yang bernaung dalam satu nama yang sama. Struktur biasa dipakai untuk mengelompokkan beberapa informasi yang berkaitan menjadi sebuah. Struktur pasar menggambarkan jumlah pelaku dalam suatu pasar. Sekaligus menggambarkan tingkat kompetisi yang terjadi dalam suatu pasar tersebut. Struktur Pasar memiliki pengertian penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna (yang meliputi monopoli, oligopoli, dan monopolistik).
Struktur pasar sangatlah penting, karena terkait dengan harga yang akan diterima oleh konsumen. Struktur pasar juga akan mempengaruhi tingkat efisiensi, semakin tinggi jumlah pelaku dalam pasar maka tingkat persaingan akan semakin tinggi sehingga menuntut untuk lebih efisien
1.       Pentingnya Struktur Pasar
Struktur pasar sangatlah penting, karena terkait dengan harga yang akan diterima oleh konsumen. Struktur pasar juga akan mempengaruhi tingkat efisiensi, jadi semakin tinggi jumlah pelaku dalam pasar, maka tingkat persaingan akan semakin tinggi sehingga menuntut untuk lebih efisien.
2.      Struktur Pasar Yang Islami
Struktur Pasar yang Islami adalah Pasar yang menciptakan tingkat harga yang adil. Adil dalam hal ini adalah tidak merugikan konsumen maupun produsen, terkait dengan surplus produsen dan surplus konsumen. Struktur Pasar dalam Islam didasarkan atas prinsip kebebasan, termasuk dalam melakukan kegiatan ekonomi.
3.       Kebebasan Ekonomi
Kebebasan ekonomi adalah pilar pertama dalam struktur pasar Islami. Kebebasan ini berdasarkan pada ajaran Islam, yang meliputi : pertanggungjawaban dan kebebasan, sejarah kebebasan ekonomi dalam masyarakat Islam , dengan uraian sebagai berikut:
Pertanggungjawaban dan kebebasan
Prinsip pertanggungjawaban individu merupakan hal yang mendasar dalam ajaran Islam, yang ditekankan oleh al-Quran dalam berbagai ayat dan perbuatan dan perkataan Nabi saw. Prinsip dari pertanggungjawaban individual ini disebutkan dalam berbagai konteks dan kesempatan secara berbeda sebagai berikut :
1)      Setiap orang akan dihisab secara individu, dan ini diterapkan pada Nabi saw. Tidak ada cara bagi seseorang untuk menebus perbuatan jahatnya, kecuali dengan mencari keridhoan Allah dan melakukan amal baik.
2)      Tidak ada konsep dosa turunan dan mempertanggungjawabkan kesalahan orang lain.
3)       Tidak ada perantaraan dalam hubungan langsung dengan Allah , Nabi sendiri adalah seorang utusan atau perantaraan tuntutan Allah untuk disampaikan pada manusia. Permintaan maaf harus disampaikan langsung kepada Allah.
4)      Setiap individu mempunyai hak penuh untuk berpedoman langsung dengan sumber-sumber hukum Islam (al-Quran dan hadits).
5)       Islam sudah sempurna , tidak seorang pun bisa menambah, menghapus, atau bahkan mengubah satu ayat pun. Setiap pengambilan kesimpulan dari penafsiran ayat adalah pemahaman personal, di mana setap orang dapat berbeda-beda, dan tidak ada seorangpun dapat menyampaikan pemahamannya kepada orang lain.
Jadi, tanggung jawab penuh dari perbuatan seorang muslim adalah kebutuhan yang didasarkan pada jenjang kebebasan yang luas, dimulai dengan kebebasan untuk memilih kepercayaan seseorang dan berakhir dengan keputusan yang paling sederhana yang dibuat oleh seseorang. Oleh karena itu, kebebasan adalah saudara kembar pertanggungjawaban.
B.     PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni adalah pasar di mana terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.
Pasar persaingan sempurna ini terbagi menjadi dua unsur, yaitu:
1.      Struktur Pasar Persaingan sempurna adalah struktur pasar yang lebih dekat struktur pasar islami. Bukti kedekatannya adalah: 
-          Mbebas keluar masuk pasar
-          harga ditentukan oleh pasar
-           perfect information
2.      Kebebasan ekonomi adalah pilar utama dalam struktur pasar Islami.
-          Tidak bertentangan dengan syariat Islam.
-          Tidak menimbulkan kerugian, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain (fairness).
Adapun Manurung menjelaskan bahwa sebuah pasar persaingan sempurna harus memenuhi ciri - ciri berikut:
1.      Homogenitas Produk (Homogeneous Product)
Yang dimaksud dengan produk yang homogen adalah produk yang mampu memberikan kepuasaan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya. Konsumen tidak membeli merek barang tetapi kegunaan barang. Karena itu semua perusahaan dianggap mampu memproduksi barang dan jasa dengan kualitas dan karakteristik yang sama.
2.      Pengetahuan Sempurna (Perfect Knowledge)
Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual. Dengan dernikian konsumen tidak akan mengalami perlakuan harga jual yang berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
3.      Output Perusahaan Relatif Kecil (Small Relatively Output)
Semua perusahaan dalam industri (pasar) dianggap berproduksi efisien (biaya rata-rata terendah), baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Kendatipun demikian jumlah output setiap perusahaan secara individu dianggap relatif kecil dibanding jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.
4.      Perusahaan Menerima Harga Yang Ditentukan Pasar (Price Taker)
Konsekuensi dari asumsi ketiga adalah bahwa perusahaan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar (price taker). Karena secara individu perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar. Yang dapat dilakukan perusahaan adalah menyesuaikan jumlah output untuk mencapai laba maksimum.
5.      Keleluasaan Masuk-Keluar Pasar (Free Entry and Exit)
Bebas masuk atau keluar berarti tidak ada biaya khusus yang menyulitkan perusahaan untuk masuk maupun keluar dari suatu pasar.
C.    PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Pasar yang tidak berbentuk persaingan sempurna termasuk dalam kategori pasar persaingan tidak sempurna yang meliputi monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli.
1.      Pasar Monopoli
Monopoli adalah pasar dimana hanya ada satu orang penjual dalam pasar. Karena dia merupakan satu – satunya penjual dalam pasar, maka antara penjual secara individu dan pasar adalah identik sehingga kurva permintaan yang dihadapi oleh monopolis dan kurva permintaan pasar adalah sama. Monopolis memiliki market power yang besar di mana dia dapat menentukan harga barang di pasar. Status seorang penjual sebagai monopolis sangat relatif tergantung tempat, barang substitusi, dan waktu. Seorang penjual dapat sebagai monopolis dalam satu desa, tetapi tidak bisa lagi jika sudah mencakuo kecamatan. Pabrik Semen Gresik sebagai monopoli di Jawa Timur, tetapi tidak untuk Indonesia. Perlu juga dicatat bahwa meskipun Semen Gresik adalah satu – satunya di Jawa Timur, tetapi jika semen merk lain dapat leluasa masuk di Jawa Timur, maka dengan sendirinya Semen Gresik bukan lagi sebagai monopoli. Dengan demikian esensi dari status monopoli itu adalah sejauh mana pasar penjual  tersebut dapat terisolasi dari para pesaingnya.
Selain itu, barang substitusi yang dekat akan mengurangi atau bahkan melunturkan status monopoli dari satu barang. P.T. PERSERO KERETA API INDONESIA (PT KAI) adalah monopoli dalam pelayanan jasa kereta api. Akan tetapi jasa pengganti ada yaitu bus, kapal laut, dan pesawat udara. Dengan adanya barang substitusi, maka dengan sendirinya market power akan semakin berkurang.  Dalam bentuk kurva permintaan, berarti kurva permintaan semakin landai. Oleh sebab itu, status monopoli sebuah barang akan tergantung bagaimana mendefinisikan barang itu. Seperti contoh tadi , untuk jasa angkut kereta api PT KAI memegang hak monopoli, tetapi untuk jasa angkut dalam arti yang lebih luas PT KAI bukan lagi sebagai monopolis.
Suatu perusahaan dapat menjadi monopolis untuk waktu tertentu, tetapi tidak untuk selamanya, sebab jika monopolis tersebut memperoleh laba yang besar, maka akan masuk para penjual potensial atau akan muncul barang – barang pengganti sebagai contoh, pada mula – mula munculnya air mineral, AQUA  adalah satu – satunya produsen. Namun beberapa tahun kemudian bermunculan merk – merk lain seperti ADES, CLUB, dan CHEERS.
Seberapa kuat sebuah monopoli dapat mempertahankan status sangat tergantung pada kemudahan atau kesulitan perusahaan potensialuntukmasuk ke pasar (burriers to entry). Jika burriers to entry sangat kuat maka status monopoli dapat bertahan lama dan sebaliknya jika lemah maka akan segera munncul perusahaan – perusahaan baru untuk menyaingi perusahaan yang sudah ada. Oleh sebab itu, biasanya perusahaan monopoli akan menempuh berbagai cara untuk memperkuat burries to entry .
Beberapa yang memungkinkan keberadaan monopoli, antara lain:
a)      Pengusaha bahan baku penting oleh satu perusahaan sehingga perusahaan lain tidak bisa memperoleh bahan baku tersebut.
b)      Produk yang telah memperoleh hak patent.
c)       Hak istimewa yang diberikan pemerintah kepada satu perusahaan tertentu.
d)     Suatu usaha yang memperlukan investasi dalam jumlah yang sagat besar sehingga hanya perusahaan yang besar saja yang dapat beroperasi secara efisien.

Perusahaan yang baru muncul biasanya mulai dengan skala produksi kecil sehingga tidak efisien dan kalah bersaing dengan  perusahaan yang sudah ada dengan skala produksi yang besar. Monopolis jenis ini disebut dengan monopili alamiah.

Pada pasar monopoli terdapat ciri-ciri berikut ini.
a)      Hanya ada satu penjual sebagai pengambil keputusan harga (melakukan monopoli pasar).
b)      Penjual lain tidak ada yang mampu menyaingi dagangannya
c)       Pedagang lain tidak dapat masuk karena ada hambatan dengan undang-undang atau karena teknik yang canggih.
d)     jenis barang yang diperjualbelikan hanya semacam.
e)       Tidak adanya campur tangan pemerintah dalam penentuan harga, contoh: PT Pertamina (persero), PT Perusahaan Listrik Negara (persero), dan PT Kereta Api (persero).
2.      Pasar Monopolistik
Pasar persaingan monopolistis adalah pasar dengan banyak penjual yang menghasilkan barang yang berbeda corak. Pasar ini banyak dijumpai pada sektor jasa dan perdagangan eceran. Misalnya jasa salon, angkutan, toko obat/apotik, dan toko kelontong.
Pada pasar persaingan monopolistik terdapat ciri-ciri berikut ini:
a)      Terdiri atas banyak penjual dan banyak pembeli.
b)      Barang yang dihasilkan sejenis, hanya coraknya berbeda. Contoh: sabun, pasta gigi, dan minyak goreng.
c)      Terdapat banyak penjual yang besarnya sama, sehingga tidak ada satu penjual yang akan menguasai pasar.
d)      Penjual mudah menawarkan barangnya di pasar.
e)       Penjual mempunyai sedikit kekuasaan dalam menentukan dan memengaruhi harga pasar.
f)       Adanya peluang untuk bersaing dalam keanekaragaman jenis barang yang dijual.

Karakteristik pasar ini sama dengan pasar persaingan sempurna, kecuali barang yang dihasilkan tidak homogen. Karakteristik inlah yang melatarbelakangi nama persaingan monopolistik. Tetapi dilihat dari aspek market power perusahaan dalam persaingan monopolistik memiliki kekuatan pasar (market power) meskipun tidak sebesar yang dimiliki oleh monopoli. Kekuatan pasar tersebut sebagai akibat dari produk yang dijual oleh perusahaan – perusahaan di pasar bersifat hiterogen, sehingga pada batas – batas tertentu konsumen memiliki loyalitas terhadap suatu produk tertentu. Sebagai contoh, ambil saja produk diterjen dengan berbagai merk yang ada di pasar. Setiap merk umumnya mempunya konsumen – konsumen yang setia sehingga jika harga deterjen merk A dinaikkan, jumlah pembeli memang mungkin akan berkurang tetapi tidak seluruh konsumen akan meninggalkan merk tersebut dan pindah pada merk lain. Hal ini beda pada persaingan sempurna. Jika seorang penjual menaikkan harga barangnya di atas harga keseimbangan pasar, maka dia akan kehilangan seluruh pembelinya. 

3.      Pasar Oligopoli
Secara harfiah oligopoli berarti ada beberapa penjual di pasar. Boleh dikatakan oligopoli merupakan pertengahan dari monopoli dan monopolistik competition. Dalam monopoly, penjual dapat menentukan harga tanpa harus kwatirreaksi penjual lain. Dalam monopolistic xompetition, penjual hanya dapat menentukan harga pada kisaran tertentu karena bila ia menjual  di luar kisaran tersebut, penjual lain yang menjual barang yang mirip akan merebut pelanggannya.
Dalam pasar oligopoli di mana ada sedikit penjual yang menjual barang yang sama, maka aksi penjual harus memerhatikan reaksi penjual lain. Ada dua aksi yang diambil penjual yaitu:
1.      Menentukan berapa kuantitas yang akan diproduksinya. Model yang menjelaskan hal ini adalah Cournot Quantity Competition.
2.      Menentukan berapa harga yang akan ditawarkan. Model yang menjelaskan hal ini adalah Berthrand Price Competition.
Contoh:
perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industri telekomunikasi, dan perusahaan semen.
Pasar oligopoli mempunyai ciri-ciri berikut ini:
a.        Hanya terdapat sedikit penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan memengaruhi penjual lainnya.
b.       Produk-produknya berstandar.
c.        Kemungkinan ada penjual lain untuk masuk pasar masih terbuka.
d.       Peran iklan sangat besar dalam penjualan produk perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA
Adiwarman, Karim. 2007. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Umar, Burhan. 2006. Konsep Dasar Ekonomi Mikro. Malang : Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.
Muhammad. 2004. Ekonomi Mikro Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta : BPFE.





1 komentar: